Langsung ke konten utama

Perbandingan Kecepatan Internet 3 Provider di Kota Bandung

Membandingkan memang tak sepenuhnya mudah dan diterima oleh orang lain khususnya pengguna setia suatu merek tertentu. Kali ini saya akan mencoba membandingkan 3 provider terkemuka di Indonesia untuk membandingkan kecepatan internet. Kebetulan nih guys, saya berada di kota Bandung tepatnya di wilayah Gegerkalong Girang, Bandung. Oke langsung saja ulasannya dibawah ini.

Alat :
Kebetulan alat yang digunakan hanya sebuah hp android, dari vendor Lenovo bertipe S920. Sudah mendukung WCDMA (3G/3,5G) atau HSDPA 7,2MBS dan HSUPA 5MBS. Lalu ada kartu perdana, dimana saya beli pada saat ada keinginan ingin mencoba. Kartu disini yaitu Im3 (Indosat), Simpati (Telkomsel), Axis (XL).

Tes IM3 :
Memakai kartu IM3 memang sudah sejak April 2014 sampai November 2014. Secara rutin perbulan memakai paket internet 8GB/bulan dengan rincian 1,6GB di 24 jam dan 6,4GB di jam 01.00-06.00.

Secara keseluruhan cukup baik. Sinyal cukup stabil di jaringan 3G. Twitter, Path, Instagram, Opera mini, Browsing, Line (video call line) berjalan cukup baik namun HANYA disaat jam 22.00 keatas sampai pagi. Jika digunakan di jam sibuk, maka kecepatan download di jam 09.00-21.00 dengan download aplikasi di Play Store (PS) kecepatannya stabil di 50-150KB/S. Jika dijam malam, download aplikasi di PS kecepatannya 200-1100KB/S.

Kesimpulannya, kecepatan download yang baik ada saat tengah malam.

Tes Simpati :
Hasil tes memakai kartu simpati ialah dilakukan setelah harga paket kartu IM3 mulai naik. Maka memveli kartu perdana Simpati dengan harga Rp.25rb dengan bonus kuota 2,5GB selama satu bulan.

Dengan pemakaian hampir 3 minggu, dan pemakaian sama seperti pemakaian pada IM3, kali ini untuk urusan Twitter dan medsos lain lumayan lancar. Untuk urusan Youtube, masih lebih bagus Im3 tapi di jam malam. Kecepatan download aplikasi di PS memakai Simpati dirasa kurang greget. Kecepatannya memang benar-benar stabil, sangat stabil baik pagi sampai malam dini hari pun yaitu dikisaran 50KB/S - 200KB/S. Sangat disayangkan karena jam malam kecepatannya tetap segitu maka buka Youtube atau download sangat lama.

Tes Axis :
Axis merupakan kartu yang sudah dipakai sejak Agustus 2011 lalu. Sudah sangat lama. Karena HP yang dipakai memiliki 2 slot gsm, maka Axis hanya dipakai untuk internet sesekali saja. Itu disebabkan paket internet yang hanya tersedia unlimited dan dirasa mahal untuk mahasiswa.

Dengan adanya paket super, 8GB (1GB 24 jam & 7GB 00.00-12.00) dirasa sangat berguna. Jaringannya stabil di 3G. Tidak seperti Telkomsel yang kadang Edge kadang 3G.

Pemakaian medsos dirasa sangat lancar, mungkin ini kinerja XL yang cukup baik. Download aplikasi di PS di jam sibuk 09.00-20.00 kecepatannya 100-150KB/S. Cukup cepat dikelasnya. Dijam malam, 22.00-pagi jam 07.00, kecepatannya stabik dikisaran 300KB/S - 1,2MB/S. Tercepat dikelasnya. Beruntung axis gabung dengan XL.

Kesimpulan
Tes ini tidak direncanakan, hanya dari pengalaman pemakai di kawasan Gegerkalong, Bandung. Tidak ada unsur melebihkan satu provider, karena ini sesuai kenyataan di lapangan.
Provider yang membaca postingan ini bisa cek pengaktifan nomor yaitu
085794328684 (IM3)
081322298374 (Simpati)
083813208xxx (Axis)
Nomor terahir adalah nomor pengguna pribadi.

Untuk Im3, dulu ada paket yang mana memberikan kuota internet melimpah, namun ada perubahan harga dan kuota, maka saya tidak lagi memakainya. Untuk Telkomsel, dirasa sangat mahal untuk paket interntnya. Sudah mahal, kuota yang diberikan tidak terlalu bersaing dengan kompetitor lain, dan kecepatan internet tidak menyentuh angka 500KB/S. Sangat disayangkan. Untuk Axis, ini gebrakan baru ada paket kuota. Walau terbilang mahal, tapi sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Salam N-20

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Postingan Terakhir Coretan Bingkai Pena

Ya, selamat pagi semuanya. Di pagi yang hujan turun secara perlahan ini, saya sebagai pembuat blog ini memang banyak-banyak berterimakasih kepada pembaca yang sudah 28 ribu view blog ini. Hal ini tentu membuat saya bangga akan pencapaian view ini karena blog ini hanya berisi tulisan ringan dengan penyajian romantis dan puitis. Tentunya dengan postingan ini akan menjadi postingan yang terakhir buat saya. Karena alasan tertentu blog ini tidak lagi dibuat tulisan. Saya sendiri mengalihkan tulisan-tuisan saya di www.nirfanprasetya.blogspot.com karena sesuai keinginan saya menyajikan tulisan dengan suasana berbeda. Disana pula saya tuangkan hobi saya dengan sedikit jenaka dan berita-berita unik dalam kemasan selera saya sendiri. Sampai jumpa di blog saya  disini  yang akan melanjutkan tulisan bingkai pena. Salam... Nirfan Follow Twitter @nirfanprasetya Follow IG nirfanprasetya Path nirfanprasetya FB Nirfan Prasetya Channel Youtube : Nirfan Prasetya

“Biarkan Aku Melakukannya, Bunda”

Hari ini mungkin menjadi hari terindah dalam hidupku. Tidak peduli akan masa lalu, dan kini akan ku sambut masa depan bersamanya, kekasih yang InsyaAllah menjadi pelabuhan terahir cinta ini. Hari ini sangat aku tunggu juga dia, yang telah 5 tahun menjalin kasih sayang untuk merajut dan membuka lembaran baru, menikah bersamanya. Tedy, itulah nama yang hari ini akan mengucapkan janji denganku untuk membina rumah tangga bersamaku. Jam telah menunjukan pukul 08.00. Jantung ini benar-benar berdegup kencang, tidak biasanya bahkan lebih kencang dibanding Interview melamar pekerjaan. Tubuh ini pun dibalut dengan pakaian adat Sunda yang begitu khas. Warna putih aku pilih untuk menghadapi akad nikah hari ini. “Rini, kamu sangat terlihat cantik sekali”, puji ibunda tercintaku yang sedari tadi ikut meriasi aku. “Ah bunda, setiap hari juga aku kan cantik bun..”, ucapku dengan senyuman. “ya sudah ayo cepat, sebentar lagi rombongan keluarga Tedy datang”, sambil merapikan kerudungku yang membalu